IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGHIMPUNAN ZAKAT DI LAZNAS INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) CABANG KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Istiqamah Universitas Terbuka

Keywords:

zakat, efektivitas, Customer Relationship Management

Abstract

Zakat sebagai salah satu rukun Islam memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi untuk meningkatkan efektivitas penghimpunan zakat di Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) cabang Kalimantan Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti menjabarkan hasil data yang didapatkan di lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dapat meningkatkan loyalitas muzaki, memperkuat hubungan dengan lembaga, dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas penghimpunan zakat. Dengan CRM, IZI mampu membangun hubungan yang lebih personal dengan para donatur sehingga memberikan layanan yang lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan manajemen hubungan mustahik di lembaga amil zakat dan memberikan rekomendasi bagi lembaga amil zakat lainnya dalam mengoptimalkan penggunaan CRM.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Istiqamah. (2025). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGHIMPUNAN ZAKAT DI LAZNAS INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) CABANG KALIMANTAN TIMUR . Journal of Innovation in Management and Marketing, 1(1), 41–52. Retrieved from https://ejournal.sembilanpemuda.id/index.php/jiimm/article/view/1014

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.