IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGHIMPUNAN ZAKAT DI LAZNAS INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) CABANG KALIMANTAN TIMUR
Keywords:
zakat, efektivitas, Customer Relationship ManagementAbstract
Zakat sebagai salah satu rukun Islam memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi untuk meningkatkan efektivitas penghimpunan zakat di Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) cabang Kalimantan Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti menjabarkan hasil data yang didapatkan di lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dapat meningkatkan loyalitas muzaki, memperkuat hubungan dengan lembaga, dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas penghimpunan zakat. Dengan CRM, IZI mampu membangun hubungan yang lebih personal dengan para donatur sehingga memberikan layanan yang lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan manajemen hubungan mustahik di lembaga amil zakat dan memberikan rekomendasi bagi lembaga amil zakat lainnya dalam mengoptimalkan penggunaan CRM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Istiqamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.